Kamis, 09 Juli 2015

Tips Jika Anda Tidak Lulus SBMPTN


Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sudah usai. Tidak semua peserta akan beruntung karena keterbatasan kuota kursi yang ditetapkan universitas negeri.

Bagi kamu yang kurang beruntung  jangan berkecil hati. Cobalah semangat dan carilah jalan keluar lainnya. Berikut ini saya akan memberikan tips bagi anda yang tidak lulus SBMPTN. Mari bangkit dan susun rencana berikutnya setelah SBMPTN selesai.

1. Beasiswa Luar Negeri

Apa salahnya mencoba? Apa salahnya kamu bangkit dan mencari informasi tentang beasiswa luar negeri. Banyak  negara-negara tetangga yang menawarkan beasiswa bagi kamu yang bisa dan berkemauan kuat. Tidak hanya beasiswa tidak jarang mereka juga memberikan biaya hidup disana.  Mungkin di dalam negeri  kamu tidak lulus ujian masuk universitas tapi di luar negeri siapa tau?. Jadi cobalah dan lakukan yang terbaik.

2. Ujian Mandiri

Jika kamu sangat berminat masuk universitas negeri kamu dapat mencoba ujian terakhir yaitu ujian mandiri. Kamu bisa mengikuti ujian mandiri yang di selenggarakan oleh universitas negeri yang kamu pilih.

3. Mendaftar di Universitas Swasta

Langkah ini bisa menjadi rencana cadangan bagi kamu yang ingin segera kuliah. Kamu bisa langsung mendaftar dan mengikuti ujian masuk di berbagai universitas swasta di Indonesia yang kamu inginkan.

4. Kursus

Menambah ilmu tak hanya dari bangku kuliah saja. Anda masih bisa mengasah keterampilan dengan mengikuti berbagai program pelatihan keterampilan, seperti program kursus bahasa asing, kursus komputer, kursus memasak dan menjahit. Dan bisa saja dari kursus yang anda jalani anda dapat membuka usaha bagi diri anda sendiri.

5. Bimbingan Belajar

Usai mengikuti tes SBMPTN dan anda tidak lulus maka anda bisa mengikuti bimbingan belajar Bimbingan belajar dapat membuat anda mengulang berbagai pelajaran sebelumnya yang belum anda kuasai. Bimbingab belajar juga sebagai persiapan diri menghadapi ujian SBMPTN tahun berikutnya.

6. Bekerja

Bekerja sambil menunggu kesempatan ujian berikutnya adalah salah satu pilihan yang banyak dilakukan. Selain untuk mengisi waktu, kamu juga bisa mendapat uang sendiri dengan bekerja.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar